Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Soal Bab Akuntansi Biaya & Jawaban

Soal (Essay) Akuntansi Biaya

1. Jelaskan perbedaan antara metode actual costing dan normal costing.

Jawaban: 
Actual costing menggunakan biaya aktual, sementara normal costing menggunakan biaya standar untuk menghitung biaya produk.


2. Apa yang dimaksud dengan biaya tambahan dan bagaimana menghitungnya?

Jawaban: 
Biaya tambahan adalah biaya tambahan yang dikeluarkan untuk menghasilkan satu unit tambahan produk dan dihitung sebagai selisih antara biaya total dengan volume produksi sebelumnya dan setelahnya.


3. Bagaimana peran analisis varians dalam manajemen biaya?

Jawaban: 
Analisis varians membantu perusahaan memahami perbedaan antara biaya aktual dan biaya yang diharapkan (biaya standar) serta mengidentifikasi penyebabnya.


4. Jelaskan konsep throughput accounting dan bagaimana diterapkan dalam pengambilan keputusan.

Jawaban: 
Throughput accounting menekankan peningkatan throughput (pendapatan penjualan minus biaya bahan baku) dan memberikan fokus pada keputusan yang meningkatkan throughput per jam.


5. Apa yang dimaksud dengan metode pengukuran kinerja Residual Income?

Jawaban: 
Residual Income adalah selisih antara pendapatan bersih dan biaya modal yang diperlukan untuk mencapainya, dan digunakan untuk mengukur kinerja unit bisnis atau investasi.


6. Bagaimana peran biaya peluang dalam analisis pengambilan keputusan?

Jawaban: 
Biaya peluang adalah biaya yang timbul akibat memilih satu alternatif dibandingkan dengan alternatif lainnya dan penting dalam mengevaluasi opsi yang ada.


7. Jelaskan perbedaan antara biaya terkait dan biaya sunk.

Jawaban: 
Biaya terkait adalah biaya yang dapat dihindari dengan memilih suatu alternatif, sementara biaya sunk adalah biaya yang sudah terjadi dan tidak dapat diubah.


8. Apa yang dimaksud dengan biaya mutlak dan biaya relatif?

Jawaban: 
Biaya mutlak adalah biaya yang tetap dalam nilai absolut, sedangkan biaya relatif adalah biaya yang berubah dalam nilai relatif terhadap aktivitas atau volume produksi.


9. Bagaimana metode cost-plus pricing digunakan untuk menentukan harga jual?

Jawaban: 
Cost-plus pricing menambahkan mark-up ke biaya produksi untuk menentukan harga jual, memastikan bahwa semua biaya tercakup dan memberikan keuntungan.


10. Jelaskan perbedaan antara biaya sepihak dan biaya bersama.

Jawaban: 
Biaya sepihak khusus untuk satu keputusan, sementara biaya bersama terkait dengan beberapa keputusan dan harus dibagi antara mereka.