Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal Bab Algoritma dan Pemrograman & Jawaban

Soal (Uraian) Algoritma dan Pemrograman


1. Bagaimana cara mengimplementasikan pola desain singleton dalam pemrograman berorientasi objek?

Jawaban:  
Singleton dapat diimplementasikan dengan membuat konstruktor pribadi dan menyediakan metode untuk mendapatkan instance unik dari kelas.


2. Jelaskan konsep "Big-O Notation" dalam analisis kompleksitas algoritma.

Jawaban:  
Big-O Notation adalah cara untuk menyatakan batas atas dari waktu eksekusi atau ruang yang dibutuhkan oleh suatu algoritma sehubungan dengan ukuran inputnya.


3. Apa itu metode pengurutan cepat (QuickSort) dan cara kerjanya?

Jawaban:  
QuickSort adalah algoritma pengurutan yang membagi data menjadi dua bagian, kemudian mengurutkan setiap bagian secara terpisah. Ini menggunakan pendekatan rekursif.


4. Bagaimana cara mengatasi "Memory Leaks" dalam pemrograman?

Jawaban:  
Memory leaks dapat diatasi dengan membebaskan memori yang tidak lagi digunakan menggunakan operasi deallocation, seperti free() dalam bahasa C atau delete dalam C++.


5. Jelaskan konsep "Inheritance" dalam pemrograman berorientasi objek.

Jawaban:  
Inheritance adalah konsep di mana sebuah kelas dapat mewarisi properti dan metode dari kelas lain, memungkinkan pembuatan hierarki kelas.


6. Apa itu metode pengurutan gelembung (Bubble Sort) dan apakah efisiensinya?

Jawaban:  
Bubble Sort membandingkan dan menukar elemen-elemen data secara berpasangan hingga seluruh data diurutkan. Meskipun sederhana, efisiensinya rendah pada data yang besar.


7. Bagaimana cara mengatasi "Cross-Site Scripting (XSS)" dalam pengembangan web?

Jawaban:  
XSS dapat diatasi dengan memvalidasi dan membersihkan input pengguna, menggunakan mekanisme penyandian, dan menerapkan kebijakan keamanan HTTP.


8. Jelaskan perbedaan antara bahasa pemrograman tingkat tinggi dan rendah.

Jawaban:  
Bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih mudah dibaca dan dipahami manusia, sementara bahasa pemrograman tingkat rendah lebih dekat dengan bahasa mesin dan dapat dijalankan lebih efisien.


9. Apa itu paradigma pemrograman prosedural?

Jawaban:  
Paradigma pemrograman prosedural adalah pendekatan di mana program dibangun menggunakan serangkaian prosedur atau fungsi yang memanggil satu sama lain.


10. Bagaimana implementasi "Hash Table" bekerja dalam pemrograman?

Jawaban:  
Hash Table menggunakan fungsi hash untuk mengonversi kunci ke indeks di dalam tabel, memungkinkan akses cepat ke nilai-nilai yang terkait.


11. Apa perbedaan antara metode GET dan POST dalam formulir HTML?

Jawaban:  
Metode GET mengirimkan data formulir sebagai query string di URL, sedangkan metode POST mengirimkan data melalui body permintaan HTTP.