Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Bab Bola Voli & Jawaban

Soal (Essay) Bola Voli

1. Bagaimana cara melakukan "dig" yang efektif dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
Untuk melakukan "dig" yang efektif, pemain harus mengikuti arah bola dengan mata, mengatur tubuh dengan baik, dan menggunakan tangan terbuka atau lengan bawah untuk mengarahkan bola ke arah rekan setim.


2. Jelaskan perbedaan antara "side attack" dan "cross-court attack" dalam permainan bola voli.

Jawaban: 
"Side attack" adalah serangan yang dilakukan dengan mengarahkan bola ke sisi lawan yang berlawanan dengan sisi servis, sedangkan "cross-court attack" adalah serangan yang dilakukan dengan mengarahkan bola secara diagonal melewati lapangan lawan.


3. Apa yang dimaksud dengan "antenna" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
"Antenna" adalah penanda berbentuk garis lurus yang melekat pada tiang net, digunakan untuk menentukan batas area permainan di sepanjang jaring. Bola yang menyentuh antenna dianggap keluar.


4. Bagaimana cara melakukan teknik "tip" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
Teknik "tip" melibatkan pemain yang dengan lembut mengenai bola dengan telapak tangan untuk mengirimnya melintasi net dan jatuh di area lapangan lawan yang tidak dijaga.


5. Apa yang dimaksud dengan "red card" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
"Red card" adalah kartu yang diberikan oleh wasit kepada pemain atau pelatih yang melakukan pelanggaran serius atau mengganggu jalannya pertandingan. Penerima kartu merah akan dikeluarkan dari pertandingan.


6. Jelaskan teknik "serve receive" dalam permainan bola voli.

Jawaban: 
"Serve receive" adalah upaya dari tim yang menerima servis untuk mengatur bola dengan baik agar dapat diumpankan oleh setter ke pemain serang, memulai serangan tim mereka.


7. Apa yang dimaksud dengan "penetration" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
"Penetration" adalah tindakan pemain yang berusaha mendorong tangan di atas net dan menjauh dari net setelah melakukan blok, untuk menghindari kontak yang ilegal dengan net atau pemain lawan.


8. Bagaimana cara melakukan teknik "jousting" dengan efektif dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
Untuk melakukan "jousting" dengan efektif, pemain harus menjaga keseimbangan dan kekuatan tubuh, serta berusaha mendorong bola ke sisi lawan dengan lebih kuat daripada lawan mereka.


9. Jelaskan strategi "stacking" dalam permainan bola voli.

Jawaban: 
"Stacking" adalah strategi di mana pemain serang dari kedalaman lapangan (jarak lebih jauh dari net) untuk menciptakan sudut serangan yang sulit diantisipasi oleh lawan.


10. Apa yang dimaksud dengan "free ball" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
"Free ball" adalah situasi di mana tim melemparkan bola ke lapangan lawan tanpa melakukan serangan keras, biasanya setelah menerima bola dari servis lawan.


11. Bagaimana cara melakukan teknik "back row attack" dalam permainan bola voli?

Jawaban: 
"Back row attack" adalah serangan yang dilakukan oleh pemain di barisan belakang. Pemain ini harus melompat di bawah net dan menyerang bola di udara setelah melewati net.


12. Jelaskan strategi "dumping to the corners" dalam permainan bola voli.

Jawaban: 
"Dumping to the corners" adalah strategi di mana setter secara tiba-tiba melakukan "dump shot" dengan mengarahkan bola ke sudut lapangan lawan yang jarang dijaga oleh pemain bertahan.