Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Bab Iman Kepada Malaikat & Jawaban

Soal (Uraian) Iman Kepada Malaikat

1. Apa yang bisa kita pelajari dari kisah malaikat yang ditugaskan untuk menghukum kaum yang durhaka?

Jawaban: 
Dari kisah tersebut, kita bisa memahami bahwa malaikat adalah utusan Allah yang menjalankan kehendak-Nya dengan adil, serta pentingnya taat kepada perintah Allah untuk menghindari siksaan-Nya.


2. Bagaimana malaikat membantu manusia dalam menjalankan ibadah menurut ajaran Islam?

Jawaban: 
Malaikat membantu manusia dalam menjalankan ibadah dengan memberikan bimbingan, melindungi mereka dari gangguan setan, serta menyampaikan doa-doa mereka kepada Allah.


3. Apa yang bisa kita pelajari dari kisah malaikat yang diutus untuk membawa wahyu kepada Nabi Muhammad SAW?

Jawaban: 
Dari kisah ini, kita bisa memahami pentingnya wahyu dalam menyampaikan ajaran Allah kepada manusia, serta hubungan yang erat antara Nabi Muhammad dengan malaikat Jibril sebagai pembawa wahyu.


4. Bagaimana malaikat memfasilitasi hubungan antara manusia dan Allah menurut ajaran Islam?

Jawaban: 
Malaikat memfasilitasi hubungan antara manusia dan Allah dengan menjadi perantara dalam menyampaikan doa-doa, memberikan petunjuk, serta menjalankan tugas-tugas yang ditetapkan oleh-Nya.


5. Apa peran malaikat dalam menjalankan keadilan di dunia menurut Islam?

Jawaban: 
Malaikat menjalankan keadilan di dunia dengan mencatat semua amal perbuatan manusia, menyampaikan laporan kepada Allah, dan menegakkan hukum-Nya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.


6. Bagaimana malaikat menolong orang-orang yang berada dalam kesulitan menurut ajaran Islam?

Jawaban: 
Malaikat menolong orang-orang yang berada dalam kesulitan dengan memberikan kekuatan dan ketenangan batin, menjaga mereka dari bahaya, serta membawa pertolongan dari Allah sesuai dengan kehendak-Nya.


7. Apa yang bisa kita pelajari dari kisah malaikat yang ditugaskan untuk menghancurkan kaum yang mendustakan nabi mereka?

Jawaban: 
Dari kisah ini, kita bisa memahami bahwa Allah mengutus malaikat sebagai pembawa azab kepada mereka yang mendustakan nabi-Nya, serta pentingnya beriman kepada pesan yang disampaikan oleh para utusan-Nya.


8. Bagaimana malaikat memberikan perlindungan kepada orang-orang yang beriman menurut ajaran Islam?

Jawaban: 
Malaikat memberikan perlindungan kepada orang-orang yang beriman dengan menjaga dan melindungi mereka dari berbagai bahaya serta ancaman yang datang, serta memberikan pertolongan dari Allah sesuai dengan kehendak-Nya.


9. Apa hukuman bagi malaikat yang melanggar perintah Allah menurut Islam?

Jawaban: 
Malaikat yang melanggar perintah Allah akan mendapat hukuman sesuai dengan keadilan-Nya, yang mungkin berupa pengusiran dari kehadiran-Nya atau hukuman lain yang telah ditetapkan-Nya.


10. Bagaimana malaikat membantu manusia dalam mempertahankan kebaikan dan memerangi kejahatan menurut ajaran Islam?

Jawaban: 
Malaikat membantu manusia dalam mempertahankan kebaikan dan memerangi kejahatan dengan memberikan inspirasi, memberikan bimbingan, serta memberikan perlindungan dari godaan setan dan gangguan roh jahat.


11. Apa peran malaikat dalam menjaga keseimbangan alam semesta menurut Islam?

Jawaban: 
Malaikat menjaga keseimbangan alam semesta dengan menjalankan tugas-tugas yang ditetapkan oleh Allah, seperti menjaga ekosistem, mengatur perubahan cuaca, dan menjaga keberlangsungan hidup makhluk-Nya.


12. Bagaimana malaikat memberikan penghiburan kepada orang-orang yang sedang berduka menurut ajaran Islam?

Jawaban: 
Malaikat memberikan penghiburan kepada orang-orang yang sedang berduka dengan memberikan kekuatan dan ketenangan batin, mengantar doa-doa mereka kepada Allah, serta memberikan janji-janji kebahagiaan di akhirat.


13. Apa peran malaikat dalam menyampaikan pesan-pesan Allah kepada manusia menurut Islam?

Jawaban: 
Malaikat memiliki peran sebagai perantara dalam menyampaikan pesan-pesan Allah kepada manusia melalui wahyu kepada para nabi, memberikan petunjuk dan inspirasi, serta menjalankan tugas-tugas yang ditetapkan oleh-Nya.