Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal Bab Larutan Asam Basa & Jawaban

Soal (Uraian) Larutan Asam Basa

1. Apa yang dimaksud dengan pH larutan netral?

Jawaban: 
pH larutan netral adalah pH larutan yang setara dengan 7, menunjukkan keseimbangan antara konsentrasi ion hidrogen (H+) dan ion hidroksida (OH-) dalam larutan.


2. Jelaskan pengaruh suhu terhadap ionisasi larutan asam dan basa.

Jawaban: 
Pada umumnya, peningkatan suhu meningkatkan laju ionisasi larutan asam dan basa, karena reaksi kimia umumnya lebih cepat pada suhu yang lebih tinggi.


3. Apa yang dimaksud dengan reaksi autodisoksi air?

Jawaban: 
Reaksi autodisoksi air adalah reaksi di mana molekul air bereaksi sendiri membentuk ion hidronium (H3O+) dan ion hidroksida (OH-).


4. Jelaskan pengaruh kekuatan asam terhadap titik akhir titrasi.

Jawaban: 
Asam yang lebih kuat memiliki titik akhir titrasi yang lebih dekat ke pH netral, sedangkan asam yang lebih lemah memiliki titik akhir titrasi yang lebih rendah dari pH netral.


5. Apa yang dimaksud dengan kohesi dan adhesi dalam konteks larutan asam basa?

Jawaban: 
Kohesi adalah daya tarik antara molekul-molekul serupa dalam larutan, sedangkan adhesi adalah daya tarik antara molekul-molekul yang berbeda dalam larutan.


6. Jelaskan peran ion hidrogen dalam proses pencernaan makanan.

Jawaban: 
Ion hidrogen dalam lambung berperan dalam membantu mencerna makanan dengan memecah molekul besar menjadi molekul yang lebih kecil.


7. Apa yang dimaksud dengan kestabilan larutan?

Jawaban: 
Kestabilan larutan mengacu pada kemampuan larutan untuk mempertahankan konsentrasi ion-ionnya dalam batas yang diinginkan tanpa mengalami perubahan drastis.


8. Jelaskan hubungan antara kekuatan asam dan besarnya konstanta disosiasi asam (Ka).

Jawaban: 
Semakin kuat asam, semakin besar nilai Ka-nya, karena Ka adalah ukuran kekuatan asam yang menunjukkan seberapa besar asam itu mengionisasi dalam larutan.


9. Apa yang dimaksud dengan teori elektrolit strong dan weak?

Jawaban: 
Elektrolit strong adalah zat yang sepenuhnya terionisasi dalam larutan, sementara elektrolit weak hanya terionisasi sebagian dalam larutan.


10. Jelaskan pentingnya pemahaman tentang sifat larutan asam basa dalam kehidupan sehari-hari.

Jawaban: 
Pemahaman tentang sifat larutan asam basa penting dalam berbagai aplikasi seperti dalam bidang kesehatan, industri, dan lingkungan.


11. Apa yang dimaksud dengan titik isoelektrik?

Jawaban: 
Titik isoelektrik adalah pH di mana suatu molekul memiliki muatan bersih nol.


12. Jelaskan perbedaan antara larutan elektrolit dan non-elektrolit.

Jawaban: 
Larutan elektrolit mengandung ion-ion yang dapat menghantarkan arus listrik, sedangkan larutan non-elektrolit tidak mengandung ion-ion yang bebas bergerak.


13. Apa yang dimaksud dengan asam lemah?

Jawaban: 
Asam lemah adalah asam yang hanya sebagian kecil dari molekulnya yang terionisasi dalam larutan, menghasilkan ion hidrogen (H+) dalam jumlah terbatas.


14. Jelaskan pengaruh penambahan asam terhadap pH larutan buffer.

Jawaban: 
Penambahan asam ke larutan buffer akan menyebabkan penurunan pH larutan buffer karena asam akan bereaksi dengan basa konjugat dalam larutan buffer.