Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

16 Soal Bab Sumber Daya Alam & Jawaban

Soal (Essay) Sumber Daya Alam

1.  Jelaskan bagaimana penggunaan pupuk dan pestisida dalam pertanian dapat memengaruhi sumber daya alam.

Jawaban: 
Penggunaan pupuk dan pestisida yang berlebihan dapat menyebabkan pencemaran air dan tanah, merusak keanekaragaman hayati, dan mengganggu ekosistem. Limbah pupuk juga dapat menciptakan "zone mati" di perairan karena aliran nutrien berlebihan.


2. Jelaskan konsep "kelangkaan sumber daya alam" dan faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan kelangkaan tersebut.

Jawaban: 
Kelangkaan sumber daya alam terjadi ketika permintaan akan sumber daya melebihi pasokannya. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan kelangkaan termasuk pertumbuhan populasi manusia yang cepat, perubahan iklim, polusi, dan penggunaan sumber daya yang tidak berkelanjutan.


3. Mengapa lahan subur penting untuk pertanian dan bagaimana degradasi lahan dapat memengaruhi sumber daya alam?

Jawaban: 
Lahan subur mendukung pertumbuhan tanaman dan produksi pangan. Degradasi lahan, seperti erosi, kehilangan kesuburan tanah, dan kehilangan tutupan vegetasi, dapat mengurangi produktivitas pertanian, meningkatkan risiko banjir, dan merusak ekosistem yang berkaitan dengan lahan tersebut.


4. Apa yang dimaksud dengan air tanah? Jelaskan potensi ancaman terhadap kualitas air tanah.

Jawaban: 
Air tanah adalah air yang terdapat di dalam lapisan tanah dan batuan di bawah permukaan tanah. Potensi ancaman terhadap kualitas air tanah meliputi pencemaran dari limbah industri, pertanian, dan domestik, serta penurunan permukaan air tanah akibat eksploitasi berlebihan.


5. Bagaimana dampak perubahan penggunaan lahan, seperti konversi hutan menjadi lahan pertanian, terhadap sumber daya alam dan lingkungan?

Jawaban: 
Perubahan penggunaan lahan dapat mengurangi keanekaragaman hayati, menyebabkan hilangnya habitat, dan berkontribusi pada pemanasan global. Konversi hutan menjadi lahan pertanian juga dapat mengganggu siklus air dan memengaruhi aliran sungai serta kualitas air.


6. Jelaskan perbedaan antara sumber daya alam terbarukan dan tidak terbarukan. Berikan contoh untuk masing-masing.

Jawaban: 
Sumber daya alam terbarukan dapat diperbaharui dalam skala waktu yang manusia rasakan, sementara sumber daya tidak terbarukan memiliki ketersediaan terbatas dan akan habis pada suatu saat. Contoh sumber daya terbarukan: energi surya, angin, dan biomassa. Contoh sumber daya tidak terbarukan: minyak bumi, batu bara, dan gas alam.


7. Mengapa pemanfaatan energi terbarukan seperti angin dan surya menjadi penting?

Jawaban: 
Pemanfaatan energi terbarukan penting karena mereka tidak habis dan tidak berkontribusi pada emisi gas rumah kaca. Ini membantu mengurangi dampak perubahan iklim dan ketergantungan pada bahan bakar fosil yang tidak terbarukan.


8. Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam nonhayati? Berikan beberapa contoh.

Jawaban: 
Sumber daya alam nonhayati adalah sumber daya yang tidak hidup dan tidak organik. Contohnya termasuk mineral seperti besi dan tembaga, bahan tambang seperti batu bara, serta bahan seperti air dan udara.


9. Bagaimana peningkatan populasi manusia dapat memengaruhi ketersediaan sumber daya alam?

Jawaban: 
Peningkatan populasi manusia dapat mengakibatkan peningkatan permintaan terhadap sumber daya alam, seperti air, pangan, dan energi. Jika tidak dikelola dengan baik, ini dapat menyebabkan kelangkaan sumber daya dan kompetisi yang lebih besar.


10. Jelaskan dampak limbah plastik terhadap lingkungan dan sumber daya alam.

Jawaban: 
Limbah plastik dapat mencemari lingkungan, termasuk tanah dan air. Plastik yang tidak terurai dapat mencemari lautan dan merusak ekosistem laut serta mempengaruhi kesehatan makhluk hidup di dalamnya.


11. Bagaimana perubahan suhu laut yang diakibatkan oleh perubahan iklim memengaruhi terumbu karang dan organisme laut lainnya?

Jawaban: 
Peningkatan suhu laut dapat menyebabkan pemanasan terumbu karang, yang mengakibatkan bleaching (kehilangan warna) dan kerusakan terumbu karang. Organisme laut lainnya yang bergantung pada terumbu karang juga akan terpengaruh karena hilangnya habitat dan sumber makanan.


12. Apa yang dimaksud dengan keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam? Berikan contoh praktik pengelolaan yang berkelanjutan.

Jawaban: 
Keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam berarti memastikan bahwa penggunaan sumber daya saat ini tidak mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka. Contohnya adalah pengelolaan hutan dengan penebangan yang seimbang untuk menjaga regenerasi, serta penggunaan air secara bijaksana untuk menghindari kelangkaan.


13. Apa yang dimaksud dengan dampak lingkungan hidup? Berikan contoh dampak lingkungan yang dihasilkan dari kegiatan manusia.

Jawaban: 
Dampak lingkungan hidup adalah perubahan atau kerusakan pada lingkungan alam akibat kegiatan manusia. Contoh dampak lingkungan meliputi deforestasi akibat penebangan liar, polusi air akibat pembuangan limbah industri, dan perubahan iklim akibat emisi gas rumah kaca.


14. Bagaimana perubahan iklim dapat mempengaruhi sumber daya air tawar?

Jawaban: 
Perubahan iklim dapat mempengaruhi siklus air dan ketersediaan air tawar. Peningkatan suhu dapat mengakibatkan penguapan lebih cepat, mengurangi pasokan air tawar. Selain itu, perubahan pola hujan dapat mengganggu siklus aliran sungai dan menyebabkan kelangkaan air tawar.


15. Apa yang dimaksud dengan kebijakan konservasi? Berikan contoh kebijakan konservasi yang diadopsi oleh suatu negara.

Jawaban: 
Kebijakan konservasi adalah peraturan atau langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah atau lembaga untuk melindungi sumber daya alam dan lingkungan. Contoh kebijakan konservasi termasuk pembentukan taman nasional, zona perlindungan laut, dan batasan penangkapan ikan.


16. Bagaimana peningkatan permintaan energi dapat memengaruhi pemanfaatan sumber daya alam?

Jawaban: 
Peningkatan permintaan energi dapat mengarah pada eksploitasi berlebihan sumber daya alam seperti minyak bumi dan batu bara. Jika tidak ada diversifikasi ke sumber daya energi terbarukan, ini dapat mengakibatkan kelangkaan dan dampak lingkungan yang lebih besar.