Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Soal Bab Hukum Pidana & Jawaban

Soal (Uraian) Hukum Pidana

1. Apa yang dimaksud dengan "Pidana Denda"?

Jawaban: 
Pidana denda adalah sanksi pidana di mana terpidana diharuskan membayar sejumlah uang kepada negara sebagai hukuman atas tindakan kriminal yang dilakukannya.


2. Bagaimana hukum pidana membedakan antara tindak pidana dan pelanggaran moral?

Jawaban: 
Tindak pidana diatur oleh hukum pidana dan dapat mengakibatkan sanksi pidana, sementara pelanggaran moral mungkin melibatkan pelanggaran norma atau nilai-nilai moral dalam masyarakat, tetapi tidak selalu diatur oleh hukum.


3. Apa yang dimaksud dengan "Pidana Penjara"?

Jawaban: 
Pidana penjara adalah sanksi pidana di mana terpidana dihukum dengan menjalani masa penahanan di penjara untuk jangka waktu tertentu.


4. Apa yang dimaksud dengan "Hakikat Tindak Pidana"?

Jawaban: 
Hakikat tindak pidana adalah unsur-unsur yang harus ada dalam suatu perbuatan agar dapat dianggap sebagai tindak pidana menurut hukum.


5. Bagaimana hukum pidana membedakan antara tindak pidana dan pelanggaran adat?

Jawaban: 
Tindak pidana diatur oleh hukum pidana dan dapat mengakibatkan sanksi pidana, sementara pelanggaran adat mungkin melibatkan pelanggaran norma atau tradisi adat dalam suatu masyarakat tertentu.


6. Apa yang dimaksud dengan "Penggelapan" dalam konteks hukum pidana?

Jawaban: 
Penggelapan adalah tindakan mengambil atau menyembunyikan barang milik orang lain dengan tujuan untuk memperkaya diri sendiri atau orang lain secara ilegal.


7. Apa yang dimaksud dengan "Preskripsi Tindak Pidana"?

Jawaban: 
Preskripsi tindak pidana adalah penghapusan hak untuk menuntut atau menjatuhkan hukuman terhadap pelaku tindak pidana setelah berlalunya waktu tertentu.


8. Apa yang dimaksud dengan "Kejahatan Terorganisir"?

Jawaban: 
Kejahatan terorganisir adalah kegiatan kriminal yang dilakukan secara terstruktur oleh kelompok atau jaringan yang terorganisir dengan tujuan mendapatkan keuntungan secara ilegal.


9. Bagaimana hukum pidana membedakan antara tindak pidana dan perbuatan melanggar ketentuan kontrak?

Jawaban: 
Tindak pidana diatur oleh hukum pidana dan dapat mengakibatkan sanksi pidana, sedangkan pelanggaran ketentuan kontrak mungkin melibatkan pelanggaran perjanjian atau kesepakatan kontrak yang dapat mengakibatkan sanksi perdata.


10. Apa yang dimaksud dengan "Pidana Mati"?

Jawaban: 
Pidana mati adalah hukuman pidana terberat yang mengakibatkan kematian terpidana sebagai akibat dari perbuatan kriminal yang dilakukannya.


11. Apa yang dimaksud dengan "Kriminalisasi"?

Jawaban: 
Kriminalisasi adalah proses membuat tindakan atau perilaku tertentu menjadi ilegal dan dapat dihukum menurut hukum pidana.


12. Bagaimana hukum pidana membedakan antara tindak pidana dan pelanggaran peraturan tertulis?

Jawaban: 
Tindak pidana diatur oleh hukum pidana dan dapat mengakibatkan sanksi pidana, sementara pelanggaran peraturan tertulis melibatkan pelanggaran aturan atau peraturan tertulis yang mungkin dikenakan sanksi administratif.


13. Apa yang dimaksud dengan "Tindak Pidana Narkotika"?

Jawaban: 
Tindak pidana narkotika adalah tindakan melibatkan produksi, distribusi, atau penggunaan narkotika yang diatur oleh hukum pidana karena berpotensi merugikan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.


14. Apa yang dimaksud dengan "Pemidanaan Tanpa Penahanan"?

Jawaban: 
Pemidanaan tanpa penahanan adalah ketika seorang terpidana dijatuhi hukuman penjara tetapi tidak dimasukkan ke dalam penjara, melainkan dikenakan syarat-syarat tertentu yang harus dipatuhi.


15. Bagaimana hukum pidana membedakan antara tindak pidana dan pelanggaran norma agama?

Jawaban: 
Tindak pidana diatur oleh hukum pidana dan dapat mengakibatkan sanksi pidana, sedangkan pelanggaran norma agama mungkin melibatkan pelanggaran ajaran atau aturan agama yang dapat dikenakan sanksi moral atau spiritual.


16. Apa yang dimaksud dengan "Tindak Pidana Cyber"?

Jawaban: 
Tindak pidana cyber adalah tindakan kriminal yang dilakukan menggunakan teknologi komputer atau internet, seperti pencurian data, penipuan online, atau serangan peretasan.


17. Apa yang dimaksud dengan "Tindak Pidana Kekerasan"?

Jawaban: 
Tindak pidana kekerasan adalah tindakan yang melibatkan penggunaan kekerasan atau ancaman kekerasan terhadap orang atau properti, seperti perampokan, pemerkosaan, atau penganiayaan.


18. Bagaimana hukum pidana membedakan antara tindak pidana dan pelanggaran hak asasi manusia?

Jawaban: 
Tindak pidana diatur oleh hukum pidana dan dapat mengakibatkan sanksi pidana, sementara pelanggaran hak asasi manusia mungkin melibatkan pelanggaran hak-hak individu yang dilindungi oleh hukum internasional atau konstitusi suatu negara.