Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

18 Soal Bab Wilayah dan Perwilayahan & Jawaban

Soal (Essay) Wilayah dan Perwilayahan

1. Apa yang dimaksud dengan wilayah ekonomi khusus dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
Wilayah ekonomi khusus adalah wilayah yang diberikan perlakuan khusus oleh pemerintah untuk mendorong investasi, perdagangan, atau perkembangan ekonomi tertentu. Contoh wilayah ekonomi khusus adalah Zona Ekonomi Khusus Shenzhen di China dan Kawasan Ekonomi Khusus Batam di Indonesia.


2. Jelaskan perbedaan antara wilayah gurun dan wilayah stepa.

Jawaban:
Wilayah gurun adalah daerah yang kering dan tandus, dengan sedikit vegetasi dan curah hujan yang sangat rendah. Sementara wilayah stepa adalah daerah yang kering, tetapi sedikit lebih subur daripada gurun, dan memiliki vegetasi rumput yang jarang.


3. Apa yang dimaksud dengan konsep "urban sprawl"?

Jawaban:
"Urban sprawl" adalah pertumbuhan perkotaan yang tidak terkendali secara horizontal, di mana kawasan perkotaan terus berkembang ke wilayah pedesaan sekitarnya tanpa perencanaan yang baik. Hal ini seringkali menyebabkan pemborosan lahan dan masalah lingkungan.


4. Jelaskan dampak dari urbanisasi terhadap wilayah pedesaan.

Jawaban:
Urbanisasi dapat menyebabkan perubahan besar dalam wilayah pedesaan. Dampaknya termasuk penurunan jumlah penduduk pedesaan karena banyak yang bermigrasi ke kota, perubahan penggunaan lahan dari pertanian menjadi pemukiman atau industri, dan perubahan sosial dan budaya karena interaksi dengan budaya perkotaan.


5. Apa yang dimaksud dengan wilayah basah dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
Wilayah basah adalah area dengan kelembaban tinggi dan seringkali didominasi oleh air, seperti rawa, lahan banjir, dan payau. Beberapa contoh wilayah basah adalah Everglades di Florida, AS, dan Delta Sungai Niger di Nigeria.


6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kawasan hijau perkotaan dan sebutkan manfaatnya.

Jawaban:
Kawasan hijau perkotaan adalah area di dalam kota yang didedikasikan untuk taman, kebun, ruang terbuka, dan vegetasi. Manfaatnya antara lain meningkatkan kualitas udara, mengurangi suhu kota (heat island effect), memberikan tempat rekreasi bagi penduduk, dan mendukung keanekaragaman hayati.


7. Apa yang dimaksud dengan wilayah daratan rendah dan wilayah dataran tinggi?

Jawaban:
Wilayah daratan rendah adalah area yang berada di dataran rendah dengan ketinggian yang relatif rendah dari permukaan laut. Sedangkan wilayah dataran tinggi adalah area dengan ketinggian yang lebih tinggi dan seringkali memiliki relief yang bergelombang atau berbukit.


8. Jelaskan perbedaan antara wilayah tetangga dan wilayah sekitar.

Jawaban:
Wilayah tetangga adalah wilayah yang berbatasan langsung dengan suatu wilayah, sedangkan wilayah sekitar adalah wilayah yang berada di sekitar wilayah lain tanpa berbatasan langsung.


9. Apa yang dimaksud dengan wilayah transisi?

Jawaban:
Wilayah transisi adalah daerah yang memiliki ciri-ciri gabungan dari dua wilayah yang berbeda, seringkali terjadi di antara wilayah perbatasan, dan memiliki karakteristik yang khas.


10. Jelaskan pengertian urbanisasi dan dampaknya terhadap wilayah perkotaan.

Jawaban:
Urbanisasi adalah proses pertumbuhan dan perluasan kawasan perkotaan karena migrasi penduduk dari wilayah pedesaan ke kota. Dampaknya termasuk peningkatan kepadatan penduduk, permintaan infrastruktur yang lebih besar, masalah sosial seperti kemiskinan dan kriminalitas, serta tekanan pada sumber daya alam dan lingkungan.


11. Apa yang dimaksud dengan wilayah industri dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
Wilayah industri adalah area yang berfokus pada kegiatan manufaktur dan produksi. Contoh wilayah industri antara lain Zona Industri Bekasi di Indonesia, Ruhr di Jerman, dan Silicon Valley di Amerika Serikat.


12. Jelaskan konsep "ekspansi wilayah" dalam konteks kolonialisme.

Jawaban:
"Ekspansi wilayah" adalah kebijakan atau praktik suatu negara untuk memperluas wilayahnya dengan menaklukkan wilayah baru atau menguasai wilayah negara lain melalui kolonisasi atau perang.


13. Apa yang dimaksud dengan wilayah bekas industri dan sebutkan beberapa contohnya.

Jawaban:
Wilayah bekas industri adalah area yang sebelumnya digunakan untuk kegiatan industri namun telah ditinggalkan dan tidak lagi berfungsi. Contoh wilayah bekas industri adalah Detroit di Amerika Serikat dan Ruhr di Jerman.


14. Jelaskan perbedaan antara wilayah budaya dan wilayah geografis.

Jawaban:
Wilayah budaya adalah wilayah yang ditentukan oleh ciri-ciri budaya dan identitas sosial masyarakat yang tinggal di sana, seperti bahasa, agama, adat istiadat, dan tradisi. Sedangkan wilayah geografis adalah wilayah yang ditentukan oleh ciri-ciri fisik geografis, seperti topografi, iklim, dan vegetasi.


15. Apa yang dimaksud dengan konsep "identitas wilayah"?

Jawaban:
"Identitas wilayah" adalah identitas khas yang dimiliki oleh suatu wilayah berdasarkan sejarah, budaya, geografi, dan karakteristiknya. Identitas wilayah membentuk kesan dan persepsi yang unik bagi penduduknya dan orang luar.


16. Jelaskan perbedaan antara wilayah negara dan wilayah internasional.

Jawaban:
Wilayah negara adalah wilayah yang merupakan bagian dari satu negara yang berdaulat, dengan batas-batas administratif dan hukum yang berlaku. Sementara wilayah internasional adalah wilayah yang bukan bagian dari negara manapun, seperti laut terbuka atau wilayah luar angkasa, dan diatur oleh hukum internasional.


17. Apa yang dimaksud dengan perubahan wilayah?

Jawaban:
Perubahan wilayah adalah perubahan yang terjadi dalam batas, luas, atau karakteristik suatu wilayah akibat faktor-faktor seperti urbanisasi, migrasi, konflik, perubahan politik, atau perubahan lingkungan.


18. Jelaskan konsep "ekonomi wilayah" dan sebutkan faktor yang mempengaruhinya.

Jawaban:
"Ekonomi wilayah" adalah studi tentang hubungan antara aspek ekonomi dan karakteristik wilayah tertentu, termasuk sumber daya, infrastruktur, pasar tenaga kerja, dan kebijakan pemerintah. Faktor yang mempengaruhinya antara lain ketersediaan sumber daya alam, aksesibilitas, tingkat pendidikan, dan stabilitas politik.