Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Bab Pengetahuan Dasar Geografi & Jawaban

Soal (Essay) Pengetahuan Dasar Geografi


1. Bagaimana perubahan iklim dapat memengaruhi habitat satwa liar?

Jawaban: 
Perubahan iklim dapat mengganggu ekosistem dan mempengaruhi ketersediaan makanan, air, dan suhu yang dibutuhkan oleh satwa liar, yang dapat mengancam kelangsungan hidup mereka.


2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tektonika lempeng.

Jawaban: 
Tektonika lempeng adalah teori ilmiah yang menjelaskan bagaimana lapisan kerak Bumi terbagi menjadi lempeng-lempeng yang bergerak dan berinteraksi, menciptakan perubahan geologi seperti gunung berapi dan gempa bumi.


3. Apa yang dimaksud dengan istilah "efek rumah kaca"?

Jawaban: 
Efek rumah kaca adalah fenomena di mana gas-gas tertentu di atmosfer Bumi menangkap panas matahari dan mempertahankan suhu yang lebih tinggi di permukaan planet ini.


4. Bagaimana perbedaan antara gempa bumi dan letusan gunung berapi?

Jawaban: 
Gempa bumi terjadi karena pergeseran lempeng tektonik di bawah permukaan tanah, sementara letusan gunung berapi terjadi ketika magma meletus dari gunung berapi.


5. Apa yang dimaksud dengan pantai terjal dan pantai landai?

Jawaban: 
Pantai terjal memiliki lereng yang curam dan biasanya terbentuk oleh erosi, sedangkan pantai landai memiliki lereng yang lebih datar dan cenderung terbentuk oleh endapan pasir atau lumpur.


6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan "Piringan Tengah" (Mid-Atlantic Ridge).

Jawaban: 
Piringan Tengah adalah sistem pegunungan bawah laut yang membentang di sepanjang dasar Samudra Atlantik dan merupakan titik pertemuan lempeng tektonik.


7. Bagaimana perubahan iklim dapat memengaruhi tingkat laut?

Jawaban: 
Pemanasan global dapat menyebabkan pencairan es di kutub yang mengakibatkan kenaikan permukaan air laut.


8. Apa yang dimaksud dengan ekosistem laut dalam?

Jawaban: 
Ekosistem laut dalam adalah lingkungan bawah laut yang terletak di kedalaman yang signifikan, di mana cahaya matahari sulit mencapai dan kehidupan bergantung pada sumber daya seperti sumber makanan dari hewan yang mati.


9. Bagaimana proses terbentuknya karst dan stalaktit?

Jawaban: 
Karst terbentuk karena pelapukan batuan kapur oleh air hujan yang mengandung karbon dioksida. Stalaktit terbentuk ketika air mengandung kalsium karbonat menggantung dari atap gua dan mengendap, membentuk struktur berbentuk tumpul.


10. Apa yang dimaksud dengan zona permafrost?

Jawaban: 
Zona permafrost adalah lapisan tanah atau batuan yang selalu beku sepanjang tahun dan terdapat di daerah-daerah kutub dan pegunungan tinggi.


11. Jelaskan apa yang dimaksud dengan hujan asam dan penyebabnya.

Jawaban: 
Hujan asam adalah hujan yang memiliki pH rendah akibat pencemaran udara oleh emisi gas beracun seperti sulfur dioksida dan nitrogen oksida.


12. Bagaimana perubahan iklim dapat memengaruhi pola migrasi manusia?

Jawaban: 
Perubahan iklim seperti kenaikan suhu dan kekeringan dapat mengubah pola migrasi manusia karena mempengaruhi ketersediaan sumber daya dan kondisi kehidupan.


13. Apa yang dimaksud dengan ekozon?

Jawaban: 
Ekozon adalah daerah geografis yang memiliki kesamaan dalam flora, fauna, iklim, dan karakteristik ekologi tertentu.


14. Bagaimana perbedaan antara tsunami dan gelombang laut biasa?

Jawaban: 
Tsunami adalah gelombang laut besar yang disebabkan oleh gempa bumi atau letusan gunung berapi dan memiliki energi yang sangat besar dibandingkan dengan gelombang laut biasa.


15. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gunung Appalachian.

Jawaban: 
Gunung Appalachian adalah rangkaian pegunungan yang terletak di timur laut Amerika Utara dan merupakan salah satu pegunungan tertua di dunia.