Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal Bab Dinamika Kependudukan & Jawaban

Soal (Uraian) Dinamika Kependudukan


1. Bagaimana faktor-faktor ekonomi mempengaruhi migrasi?

Jawaban: 
Faktor-faktor ekonomi seperti kesempatan kerja, tingkat upah, dan biaya hidup dapat menjadi dorongan atau hambatan bagi migrasi.


2. Apa perbedaan antara migrasi internal dan migrasi internasional?

Jawaban: 
Migrasi internal terjadi ketika penduduk pindah dari satu wilayah ke wilayah lain di dalam suatu negara, sedangkan migrasi internasional terjadi ketika penduduk pindah dari satu negara ke negara lain.


3. Bagaimana migrasi dapat mempengaruhi struktur usia suatu populasi?

Jawaban:
 Migrasi dapat mempengaruhi struktur usia suatu populasi dengan mengubah proporsi penduduk dalam berbagai kelompok usia.


4. Apa yang dimaksud dengan remitansi?

Jawaban: 
Remitansi adalah transfer uang yang dikirim oleh migran kepada keluarga mereka di negara asal.


5. Bagaimana remitansi dapat mempengaruhi ekonomi negara asal migran?

Jawaban: 
Remitansi dapat meningkatkan pendapatan dan konsumsi rumah tangga di negara asal migran, serta menyumbang pada pertumbuhan ekonomi melalui investasi dan konsumsi domestik.


6. Apa yang dimaksud dengan kepadatan populasi optimal?

Jawaban: 
Kepadatan populasi optimal adalah tingkat kepadatan penduduk yang memungkinkan pemanfaatan sumber daya alam dan infrastruktur tanpa menyebabkan tekanan berlebihan.


7. Bagaimana konflik dapat berkaitan dengan dinamika kependudukan?

Jawaban: 
Konflik dapat terjadi karena persaingan atas sumber daya yang terbatas, seperti tanah dan air, yang dapat diperparah oleh pertumbuhan penduduk yang cepat.


8. Apa yang dimaksud dengan dampak sampingan dari kebijakan keluarga berencana?

Jawaban: 
Dampak sampingan dari kebijakan keluarga berencana adalah konsekuensi tak terduga dari implementasi kebijakan tersebut, seperti penurunan tingkat kelahiran yang lebih rendah dari yang diinginkan atau ketidakseimbangan gender.


9. Bagaimana perubahan pola konsumsi dapat mempengaruhi dinamika kependudukan?

Jawaban: 
Perubahan pola konsumsi dapat mempengaruhi dinamika kependudukan dengan mempengaruhi tingkat kelahiran dan kematian melalui akses terhadap makanan, air bersih, dan layanan kesehatan.


10. Apa yang dimaksud dengan keberlanjutan populasi?

Jawaban: 
Keberlanjutan populasi adalah kondisi di mana pertumbuhan penduduk dapat dipertahankan dalam batas-batas yang dapat dikelola oleh sumber daya alam dan infrastruktur yang tersedia.


11. Bagaimana perubahan iklim dapat mempengaruhi dinamika kependudukan?

Jawaban: 
Perubahan iklim dapat mempengaruhi dinamika kependudukan melalui dampaknya terhadap produksi pangan, akses terhadap air bersih, dan penyebaran penyakit.


12. Apa yang dimaksud dengan kebijakan pembangunan berbasis penduduk?

Jawaban: 
Kebijakan pembangunan berbasis penduduk adalah pendekatan pembangunan yang mempertimbangkan faktor-faktor demografis dalam perencanaan dan implementasi program-program pembangunan.


13. Bagaimana pendidikan dapat mempengaruhi dinamika kependudukan?

Jawaban: 
Pendidikan dapat mempengaruhi dinamika kependudukan dengan meningkatkan kesadaran akan pentingnya keluarga berencana, meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan reproduksi, dan mengurangi tingkat kelahiran remaja.


14. Apa perbedaan antara kebijakan keluarga berencana proaktif dan reaktif?

Jawaban: 
Kebijakan keluarga berencana proaktif adalah kebijakan yang mendorong keluarga untuk membuat keputusan yang sadar tentang jumlah anak yang diinginkan, sedangkan kebijakan keluarga berencana reaktif bertindak sebagai respons terhadap tekanan demografis yang sudah ada.