Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Soal Bab Listrik Statis & Jawaban

Soal (Essay) Listrik Statis

1. Apa yang dimaksud dengan hukum Coulomb?

Jawaban: 
Hukum Coulomb adalah hukum fisika yang menyatakan bahwa gaya antara dua muatan listrik sebanding dengan hasil kali muatan keduanya dan sebanding terbalik dengan kuadrat jarak di antara mereka.


2. Jelaskan bagaimana muatan listrik dapat dipindahkan melalui konduksi.

Jawaban: 
Muatan listrik dapat dipindahkan melalui konduksi dengan cara menghubungkan dua benda yang memiliki perbedaan muatan, sehingga muatan akan mengalir dari benda yang bermuatan tinggi ke benda yang bermuatan rendah.


3. Bagaimana listrik statis digunakan dalam mesin pencetakan?

Jawaban: 
Listrik statis digunakan dalam mesin pencetakan untuk menarik tinta ke permukaan drum dengan bantuan medan listrik, sehingga mencetak gambar pada kertas.


4. Apa yang dimaksud dengan fenomena elektroforesis?

Jawaban: 
Elektroforesis adalah metode pemisahan molekul berdasarkan muatan listrik dengan menggunakan medan listrik yang dihasilkan oleh listrik statis.


5. Jelaskan prinsip kerja generator Van de Graaff.

Jawaban: 
Generator Van de Graaff bekerja dengan mengakumulasi muatan listrik pada sebuah bola besar dan memindahkannya melalui sabuk bergerak ke elektrode di puncaknya, menciptakan potensial listrik tinggi.


6. Apa yang dimaksud dengan muatan listrik bebas?

Jawaban: 
Muatan listrik bebas adalah muatan yang dapat bergerak dengan bebas di dalam benda atau konduktor listrik.


7. Bagaimana listrik statis dapat digunakan dalam aplikasi semprot cat elektrostatik?

Jawaban: 
Listrik statis digunakan dalam semprot cat elektrostatik untuk menarik partikel cat ke permukaan objek yang akan dicat, sehingga cat menempel secara merata.


8. Jelaskan peran listrik statis dalam pembuatan kertas dan plastik.

Jawaban: 
Listrik statis digunakan dalam pembuatan kertas dan plastik untuk menghilangkan kotoran dan debu dari bahan baku serta mengendalikan proses produksi.


9. Apa yang dimaksud dengan potensial listrik?

Jawaban: 
Potensial listrik adalah ukuran energi potensial yang dimiliki oleh muatan listrik dalam medan listrik, diukur dalam satuan volt.


10. Bagaimana peran isolator dalam mencegah aliran listrik statis?

Jawaban: 
Isolator adalah bahan yang tidak mengizinkan aliran muatan listrik melalui mereka, sehingga dapat mencegah akumulasi muatan statis pada permukaan mereka.


11. Jelaskan perbedaan antara muatan positif dan negatif dalam konteks listrik statis.

Jawaban: 
Muatan positif memiliki kelebihan proton, sedangkan muatan negatif memiliki kelebihan elektron. Muatan positif dan negatif akan saling tarik menarik sesuai hukum Coulomb.


12. Bagaimana cara menghindari kejutan listrik saat menyentuh permukaan benda yang bermuatan?

Jawaban: 
Untuk menghindari kejutan listrik, seseorang dapat menyentuh permukaan benda yang bermuatan dengan bagian yang tidak sensitif seperti punggung tangan.


13. Apa yang dimaksud dengan fenomena muatan statis yang tersentuh?

Jawaban: 
Fenomena muatan statis yang tersentuh terjadi ketika dua benda yang bermuatan saling bersentuhan, sehingga muatan dapat berpindah antara keduanya.


14. Jelaskan perbedaan antara muatan listrik statis dan arus listrik.

Jawaban: 
Muatan listrik statis adalah muatan yang tetap pada sebuah benda dan tidak mengalir, sementara arus listrik adalah aliran muatan melalui konduktor.


15. Bagaimana listrik statis digunakan dalam proses pengecatan mobil?

Jawaban: 
Listrik statis digunakan dalam proses pengecatan mobil dengan cara menarik partikel cat ke permukaan mobil yang akan dicat, sehingga cat menempel dengan baik.