Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal Bab Ekonomi Pertanian & Jawaban

Soal (Uraian) Ekonomi Pertanian


1. Bagaimana cara mengatasi ketimpangan distribusi lahan pertanian di Indonesia?

Jawaban: 
Cara mengatasi ketimpangan tersebut antara lain adalah dengan reforma agraria, redistribusi lahan, dan pengembangan koperasi petani.


2. Apa yang dimaksud dengan skala ekonomi dalam pertanian?

Jawaban: 
Skala ekonomi adalah ukuran efisiensi dalam produksi pertanian yang berkaitan dengan penggunaan input-input produksi dalam hubungannya dengan skala produksi.


3. Jelaskan peran pemuda dalam pengembangan pertanian di Indonesia.

Jawaban: 
Pemuda memiliki potensi besar dalam mengembangkan pertanian melalui inovasi, teknologi, dan kewirausahaan dalam rangka mewujudkan pertanian yang berkelanjutan.


4. Bagaimana cara meningkatkan akses petani ke pasar dalam rangka mendukung pertanian komersial?

Jawaban: 
Cara meningkatkan akses tersebut antara lain adalah dengan membangun infrastruktur transportasi dan pasar, serta memperluas jaringan distribusi.


5. Apa dampak dari kehilangan keanekaragaman hayati terhadap pertanian?

Jawaban: 
Kehilangan keanekaragaman hayati dapat mengurangi ketahanan tanaman terhadap hama dan penyakit, serta mengurangi potensi untuk mengembangkan varietas tanaman baru yang lebih tahan terhadap perubahan iklim.


6. Jelaskan konsep pertanian berbasis pangan lokal.

Jawaban: 
Pertanian berbasis pangan lokal adalah pendekatan pertanian yang memprioritaskan produksi dan konsumsi pangan lokal untuk mendukung ketahanan pangan dan mempromosikan keanekaragaman makanan.


7. Bagaimana peran penelitian dan pengembangan dalam pengembangan pertanian di Indonesia?

Jawaban: 
Penelitian dan pengembangan dapat menghasilkan inovasi teknologi dan praktik pertanian baru yang meningkatkan produktivitas, keberlanjutan, dan daya saing pertanian Indonesia.


8. Apa yang dimaksud dengan perubahan iklim ekstrem dan dampaknya terhadap pertanian?

Jawaban: 
Perubahan iklim ekstrem meliputi kejadian seperti banjir, kekeringan, dan cuaca ekstrem lainnya yang dapat mengganggu produksi pertanian dan mengancam ketahanan pangan.


9. Jelaskan hubungan antara pertanian dan industri makanan di Indonesia.

Jawaban: 
Industri makanan membutuhkan bahan baku dari pertanian, sehingga pertanian dan industri makanan saling terkait dalam rantai pasokan pangan.


10. Bagaimana pentingnya penerapan prinsip-prinsip agroekologi dalam pertanian?

Jawaban: 
Penerapan prinsip-prinsip agroekologi dapat meningkatkan keberlanjutan pertanian dengan memperhatikan interaksi antara tanaman, hewan, manusia, dan lingkungan dalam sistem pertanian.


11. Apa peran kelembagaan dalam pembangunan pertanian di Indonesia?

Jawaban: 
Kelembagaan seperti koperasi, asosiasi petani, dan lembaga riset pertanian dapat memfasilitasi koordinasi, kolaborasi, dan pertukaran informasi antar pelaku pertanian untuk meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan petani.


12. Sebutkan beberapa tantangan utama dalam pengembangan pertanian di Indonesia.

Jawaban: 
Beberapa tantangan tersebut antara lain adalah perubahan iklim, degradasi lahan, akses terbatas terhadap modal dan pasar, serta rendahnya kualitas sumber daya manusia di sektor pertanian.


13. Bagaimana peran pendidikan pertanian dalam pembangunan sektor pertanian?

Jawaban: 
Pendidikan pertanian dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran petani terhadap praktik pertanian yang berkelanjutan dan inovatif.


14. Jelaskan konsep pertanian berbasis masyarakat.

Jawaban: 
Pertanian berbasis masyarakat adalah pendekatan pertanian yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat dalam perencanaan, pengelolaan, dan pemanfaatan sumber daya pertanian.