Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Soal Bab Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan & Jawaban

Soal (Essay) Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

1. Jelaskan perbedaan antara fototropisme positif dan fototropisme negatif pada tumbuhan. Berikan contoh masing-masing.

Jawaban :
Fototropisme positif adalah ketika tumbuhan merespons cahaya dengan tumbuh menuju arah cahaya. Contohnya adalah tunas yang tumbuh menuju cahaya untuk memaksimalkan fotosintesis. Fototropisme negatif adalah ketika tumbuhan merespons cahaya dengan tumbuh menjauhi arah cahaya. Contohnya adalah akar yang tumbuh menjauhi cahaya untuk mencari air dan nutrisi di dalam tanah.


2. Jelaskan peran auksin dalam fototropisme pada tumbuhan.

Jawaban:
Auksin merangsang pemanjangan sel di sisi yang gelap dari tumbuhan yang menjalani fototropisme positif, sehingga menyebabkan tumbuhan tumbuh menuju arah cahaya.


3. Apa yang dimaksud dengan hormon etilen pada tumbuhan? Bagaimana etilen mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan?

Jawaban:
Etilen adalah hormon gas pada tumbuhan yang berperan dalam mengatur proses pematangan buah, penjatuhan daun, dan pembungaan.


4. Jelaskan bagaimana tumbuhan beradaptasi dengan kondisi lingkungan mereka untuk bertahan hidup.

Jawaban:
Tumbuhan beradaptasi dengan mengatur pertumbuhan dan perkembangan mereka untuk memanfaatkan sumber daya yang ada dan bertahan dalam kondisi lingkungan yang berbeda. Misalnya, tumbuhan gurun dapat memiliki akar panjang untuk mencari air di dalam tanah yang dalam.


5. Apa yang menyebabkan gerak nasti pada tumbuhan yang terjadi dalam waktu cepat? Berikan contoh tumbuhan yang menunjukkan gerak nasti.

Jawaban:
Gerak nasti pada tumbuhan yang terjadi dalam waktu cepat disebabkan oleh perubahan tekanan sel dalam jaringan tumbuhan. Contoh tumbuhan yang menunjukkan gerak nasti adalah Daun venus (Venus flytrap) yang menutup saat serangga masuk dan menyentuh bulu sensitifnya.


6. Bagaimana hubungan antara sirkadian dan pertumbuhan tumbuhan?

Jawaban:
Sirkadian adalah ritme biologis internal yang berulang dalam interval waktu sekitar 24 jam. Tumbuhan juga memiliki ritme sirkadian yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan mereka, seperti fotoperiodisme dan fotomorfogenesis.


7. Jelaskan perbedaan antara skototropisme positif dan skototropisme negatif pada tumbuhan. Berikan contoh masing-masing.

Jawaban:
Skototropisme positif adalah ketika tumbuhan merespons cahaya gelap dengan tumbuh menuju arah cahaya. Contohnya adalah akar yang tumbuh menuju cahaya saat ditempatkan dalam kondisi gelap. Skototropisme negatif adalah ketika tumbuhan merespons cahaya gelap dengan tumbuh menjauhi arah cahaya. Contohnya adalah tunas yang tumbuh menjauhi cahaya saat ditempatkan dalam kondisi gelap.


8. Jelaskan peran fitohormon etilen dalam proses pematangan buah pada tumbuhan.

Jawaban:
Etilen berperan dalam memicu proses pematangan buah pada tumbuhan. Hormon ini merangsang enzim yang terlibat dalam penguraian dinding sel dan mempengaruhi perubahan warna, tekstur, dan rasa buah.


9. Apa yang menyebabkan gerak seismonasti pada tumbuhan? Berikan contoh tumbuhan yang menunjukkan gerak seismonasti.

Jawaban:
Gerak seismonasti pada tumbuhan dipicu oleh rangsangan fisik, seperti sentuhan atau getaran. Contoh tumbuhan yang menunjukkan gerak seismonasti adalah bunga marigold yang mengatup saat disentuh.


10. Jelaskan bagaimana proses respirasi berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Jawaban:
Proses respirasi adalah proses di mana tumbuhan menghasilkan energi dengan membakar glukosa. Energi yang dihasilkan dari respirasi digunakan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.


11. Apa perbedaan antara hormon auksin dan sitokinin dalam mengatur pertumbuhan tumbuhan?

Jawaban:
Auksin merangsang pertumbuhan sel, sementara sitokinin merangsang pembelahan sel dan pertumbuhan lateral.