Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Bab Perkembangbiakan Makhluk Hidup & Jawaban

Soal (Essay) Perkembangbiakan Makhluk Hidup

1. Apa peran plasenta dalam perkembangbiakan hewan mamalia? Jelaskan.

Jawaban: 
Plasenta adalah organ yang menghubungkan janin dengan dinding rahim dan berperan dalam memfasilitasi pertukaran zat-zat antara ibu dan janin, seperti oksigen, nutrisi, dan limbah. Ini mendukung perkembangan janin yang sehat selama masa gestasi.


2. Jelaskan perbedaan antara perkembangbiakan seksual dan aseksual dalam hal keuntungan dan kerugian.

Jawaban: 
Perkembangbiakan seksual menghasilkan variasi genetik yang dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan, tetapi memerlukan waktu dan sumber daya untuk menemukan mitra. Perkembangbiakan aseksual lebih cepat dan efisien, tetapi tidak menghasilkan variasi genetik yang signifikan.


3. Bagaimana strategi perkembangbiakan dapat bervariasi tergantung pada lingkungan dan tekanan seleksi? Berikan contoh.

Jawaban: 
Lingkungan dan tekanan seleksi dapat mempengaruhi jenis perkembangbiakan yang diadopsi oleh suatu spesies. Misalnya, di lingkungan yang stabil, strategi perkembangbiakan seksual cenderung lebih umum karena variasi genetik kurang kritis. Di lingkungan yang berubah atau stres, strategi perkembangbiakan aseksual mungkin lebih menguntungkan karena memungkinkan reproduksi yang cepat dan efisien.


4. Apa yang dimaksud dengan fenomena reproduksi bunga bangkai? Jelaskan mengapa bunga ini dikenal dengan sebutan "bunga bangkai."

Jawaban: 
Reproduksi bunga bangkai adalah istilah yang merujuk pada tumbuhan dengan bunga yang sangat besar dan kuat bau yang disebut "bunga bangkai." Bunga ini dikenal sebagai "bunga bangkai" karena aroma busuknya yang kuat dan khas, menyerupai bau bangkai, yang dimaksudkan untuk menarik serangga penyerbuk yang tertarik pada bau tersebut.


5. Bagaimana proses reproduksi pada hewan moluska seperti siput? Jelaskan tahapan perkembangbiakan dan metamorfosisnya.

Jawaban: 
Hewan moluska seperti siput mengalami reproduksi seksual. Siput menghasilkan telur yang kemudian menetas menjadi larva. Larva bergerak menuju lingkungan air dan mengalami metamorfosis menjadi siput dewasa.

6. Apa yang dimaksud dengan reproduksi pada tumbuhan alga? Jelaskan berbagai metode perkembangbiakan yang bisa terjadi pada alga.

Jawaban: 
Tumbuhan alga memiliki berbagai metode perkembangbiakan, termasuk pembelahan sel, fragmentasi, dan pembentukan spora. Pembelahan sel adalah pemisahan sel menjadi sel-sel anak yang identik. Fragmentasi terjadi ketika bagian tubuh alga patah dan tumbuh menjadi individu baru. Pembentukan spora melibatkan pembentukan sel khusus yang dapat tumbuh menjadi individu baru.


7. Bagaimana reproduksi pada hewan invertebrata seperti ubur-ubur? Jelaskan tahapan dari telur hingga fase dewasa.

Jawaban: 
Ubur-ubur mengalami reproduksi seksual dengan menghasilkan telur yang dilepaskan ke lingkungan. Dalam beberapa spesies, telur menetas menjadi larva berenang yang dikenal sebagai planula. Planula kemudian melekat di substrat dan berkembang menjadi polip. Polip kemudian mengalami perkembangan aseksual dan membentuk tunas-tunas yang kemudian melepaskan diri sebagai medusa dewasa.


8. Apa yang dimaksud dengan reproduksi pada tumbuhan semanggi? Jelaskan peran nodul pada akar semanggi dalam proses perkembangbiakan ini.

Jawaban: 
Tumbuhan semanggi memiliki hubungan simbiotik dengan bakteri yang hidup di nodul akar mereka. Bakteri ini mampu memfiksasi nitrogen dari udara menjadi bentuk yang dapat digunakan oleh tumbuhan. Ini memberikan keuntungan pertumbuhan bagi tumbuhan semanggi dan berperan dalam reproduksi tumbuhan ini.


9. Jelaskan bagaimana perkembangbiakan dapat membantu makhluk hidup beradaptasi terhadap perubahan lingkungan.

Jawaban: 
Perkembangbiakan membantu makhluk hidup beradaptasi terhadap perubahan lingkungan dengan menghasilkan variasi genetik. Variasi ini meningkatkan peluang individu-individu memiliki sifat-sifat yang lebih cocok untuk bertahan dalam lingkungan yang berubah, memungkinkan spesies untuk bertahan dan berkembang bahkan di bawah tekanan seleksi yang berubah.


10. Bagaimana proses perkembangbiakan pada hewan invertebrata seperti cacing gelang? Jelaskan tahapan dari telur hingga fase dewasa.

Jawaban: 
Cacing gelang mengalami reproduksi seksual. Betina menghasilkan telur yang dikeluarkan bersama dengan kotoran. Telur ini mengandung embrio yang berkembang dan dilepaskan ke lingkungan bersama kotoran. Setelah embrio berkembang menjadi larva, larva ini mencari inang (biasanya serangga) dan berkembang lebih lanjut di dalam tubuh inang. Larva kemudian bermetamorfosis menjadi cacing dewasa.


11. Apa yang dimaksud dengan reproduksi aseksual oleh tunas? Jelaskan bagaimana proses ini berlangsung.

Jawaban: 
Reproduksi aseksual oleh tunas terjadi ketika suatu individu menghasilkan tunas yang tumbuh menjadi individu baru yang identik. Proses ini mirip dengan pembelahan mitosis, tetapi sebagian dari sel induk tumbuh dan berkembang menjadi individu baru yang terpisah.


12. Jelaskan konsep parthenokarpi dan berikan contoh tumbuhan yang mengalami fenomena ini.

Jawaban: 
Parthenokarpi adalah fenomena ketika buah berkembang tanpa adanya pembuahan. Ini dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti stimulasi kimia atau perlakuan mekanik. Contoh tumbuhan yang mengalami parthenokarpi adalah beberapa varietas pisang.