Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Bab Fotosintesis & Jawaban

Soal (Uraian) Fotosintesis

1. Apa peran kloroplas dalam fotosintesis?

Jawaban: 
Kloroplas adalah organel tempat terjadinya fotosintesis dalam sel tumbuhan, di mana klorofil berperan dalam menangkap energi cahaya matahari.


2. Bagaimana fotosintesis terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan?

Jawaban: 
Fotosintesis menyediakan energi dan bahan untuk pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, karena glukosa yang dihasilkan merupakan sumber energi dan bahan bangunan untuk sel-sel baru.


3. Apa yang dimaksud dengan kompartemenasi dalam fotosintesis?

Jawaban: 
Kompartemenasi adalah pembentukan struktur membran dalam kloroplas yang memisahkan reaksi-reaksi fotosintesis, seperti membran tilakoid yang terlibat dalam fase terang dan stroma yang terlibat dalam fase gelap.


4. Bagaimana fotosintesis berkaitan dengan evolusi kehidupan di Bumi?

Jawaban: 
Fotosintesis merupakan salah satu proses yang menyediakan energi dan oksigen yang mendukung kehidupan di Bumi, dan diyakini telah memainkan peran penting dalam evolusi kehidupan.


5. Mengapa tumbuhan tropis memiliki laju fotosintesis yang tinggi?

Jawaban: 
Tumbuhan tropis memiliki laju fotosintesis yang tinggi karena iklim yang hangat dan lembap memberikan kondisi optimal bagi fotosintesis.


6. Bagaimana fotosintesis terkait dengan produktivitas primer bersih dalam ekosistem?

Jawaban: 
Produktivitas primer bersih dalam ekosistem terutama bergantung pada laju fotosintesis tumbuhan sebagai produsen utama dalam rantai makanan.


7. Jelaskan bagaimana faktor pH mempengaruhi aktivitas enzim dalam fotosintesis.

Jawaban: 
Aktivitas enzim dalam fotosintesis dipengaruhi oleh pH karena pH yang ekstrem dapat mengubah struktur enzim dan mengganggu fungsinya.


8. Apa perbedaan antara fotosintesis pada tumbuhan C3, C4, dan CAM?

Jawaban: 
Tumbuhan C3 menggunakan siklus Calvin untuk mengikat karbon dioksida secara langsung, sementara tumbuhan C4 dan CAM menggunakan mekanisme tambahan untuk mengurangi kehilangan air dan meningkatkan efisiensi fotosintesis di kondisi tertentu.


9. Bagaimana fotosintesis berkaitan dengan proses pembentukan tanah?

Jawaban: 
Fotosintesis menyediakan bahan organik yang dapat diurai oleh mikroorganisme tanah, yang kemudian membentuk tanah dan meningkatkan kesuburan.


10. Apa yang dimaksud dengan fotosintesis siklik dan non-siklik?

Jawaban: 
Fotosintesis siklik dan non-siklik mengacu pada dua jenis jalur pembentukan ATP dalam fotosintesis, di mana fotosintesis siklik melibatkan siklus fosforilasi oksidatif dalam tilakoid dan fotosintesis non-siklik melibatkan kedua siklus fosforilasi dan siklus Calvin.


11. Bagaimana fotosintesis berkaitan dengan konsep ekosistem terestrial dan akuatik?

Jawaban: 
Fotosintesis adalah proses utama dalam ekosistem terestrial dan akuatik karena menyediakan energi dan bahan organik bagi organisme produsen dalam rantai makanan.


12. Jelaskan konsep fotoinhibisi dalam fotosintesis.

Jawaban: 
Fotoinhibisi adalah kondisi di mana terlalu banyak cahaya matahari dapat merusak klorofil dan menghambat fotosintesis.