Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Soal Bab Sistem Kekebalan Tubuh & Jawaban

Soal (Uraian) Sistem Kekebalan Tubuh

1. Apa peran antibodi dalam sistem kekebalan tubuh?

Jawaban: 
Antibodi adalah protein yang dihasilkan oleh sel-sel B dan berikatan dengan patogen, membantu menghancurkannya atau membuatnya lebih mudah diidentifikasi oleh sel-sel kekebalan tubuh lainnya.


2. Bagaimana kekebalan tubuh terhadap virus dapat berkembang setelah seseorang pulih dari infeksi virus tertentu?

Jawaban: 
Setelah pulih dari infeksi virus, sistem kekebalan tubuh dapat mengembangkan imunitas yang memberikan perlindungan lebih baik jika terpapar virus yang sama di masa mendatang.


3. Apa itu penyakit autoinflamasi dan apa hubungannya dengan sistem kekebalan tubuh?

Jawaban: 
Penyakit autoinflamasi melibatkan peradangan yang disebabkan oleh aktivasi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh tanpa keterlibatan imunitas adaptif, seperti pada penyakit autoimun.


4. Jelaskan peran sel-sel mast dalam respons alergi.

Jawaban: 
Sel-sel mast melepaskan histamin dan zat kimia lainnya selama reaksi alergi, menyebabkan gejala alergi seperti pembengkakan dan gatal.


5. Bagaimana sel NK dapat membantu dalam pengobatan kanker?

Jawaban: 
Sel NK dapat mendeteksi dan menghancurkan sel kanker tanpa memerlukan aktivasi sebelumnya, membuatnya berpotensi sebagai terapi untuk kanker.


6. Apa peran thymus dalam sistem kekebalan tubuh?

Jawaban: 
Thymus adalah organ limfoid tempat sel-sel T mengalami diferensiasi dan pematangan sebelum terlibat dalam respons kekebalan.


7. Jelaskan peran interferon dalam sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi virus.

Jawaban: 
Interferon adalah protein yang diproduksi sebagai respons terhadap infeksi virus dan membantu melawan penyebaran virus ke sel-sel tetangga.


8. Apa yang dimaksud dengan antigen dan bagaimana sistem kekebalan tubuh meresponsnya?

Jawaban: 
Antigen adalah zat yang dapat memicu respons kekebalan tubuh. Sistem kekebalan merespons antigen dengan menghasilkan antibodi atau mengaktifkan sel-sel kekebalan lainnya.


9. Jelaskan konsep kekebalan kelompok (herd immunity) dan mengapa itu penting dalam pencegahan penyakit menular.

Jawaban: 
Kekebalan kelompok terjadi ketika sebagian besar populasi memiliki imunitas terhadap penyakit, melindungi individu yang rentan. Ini penting dalam mengendalikan penyebaran penyakit menular.


10. Bagaimana kehamilan memengaruhi sistem kekebalan tubuh wanita?

Jawaban: 
Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh wanita mengalami perubahan untuk mendukung perkembangan janin, namun juga dapat meningkatkan risiko infeksi.


11. Jelaskan peran sel dendritik dalam mengatur respons kekebalan tubuh.

Jawaban: 
Sel dendritik berfungsi sebagai antigen-presenting cell yang mempresentasikan antigen kepada sel-sel T, memulai respons kekebalan tubuh adaptif.


12. Apa itu inflamasi dan bagaimana peranannya dalam respons kekebalan tubuh?

Jawaban: 
Inflamasi adalah respons tubuh terhadap cedera atau infeksi yang melibatkan pelepasan zat-zat pro-inflamasi dan perubahan vaskular untuk membantu melawan patogen.


13. Jelaskan peran sel-sel T pembunuh (cytotoxic T cells) dalam sistem kekebalan tubuh.

Jawaban: 
Sel-sel T pembunuh mengidentifikasi dan membunuh sel-sel yang terinfeksi atau berubah menjadi sel kanker, berkontribusi pada perlindungan tubuh terhadap infeksi dan kanker.