Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Soal Bab Sistem Indera Hewan & Jawaban

Soal (Uraian) Sistem Indera Hewan

1. Mengapa ikan yang hidup di kedalaman yang dalam memiliki mata yang berbeda dari ikan yang hidup di perairan dangkal?

Jawaban: 
Ikan yang hidup di kedalaman yang dalam sering memiliki mata yang lebih besar dan sensitif terhadap cahaya lemah, sementara ikan yang hidup di perairan dangkal mungkin memiliki mata yang lebih kecil tetapi lebih sensitif terhadap warna dan detail.


2. Bagaimana sistem indera pada hewan berkembang selama evolusi?

Jawaban: 
Sistem indera pada hewan berkembang melalui proses evolusi di mana spesies yang memiliki indera yang paling sesuai dengan lingkungan mereka lebih mungkin bertahan hidup dan berkembang biak.


3. Sebutkan dua contoh mimikri dalam konteks indera hewan.

Jawaban: 
Kupu-kupu yang meniru warna dan pola sayapnya dengan tumbuhan atau hewan lain untuk menghindari predasi, dan ikan yang meniru bentuk dan gerakan ikan lain untuk menyamar di lingkungan mereka.


4. Mengapa sistem indera hewan dapat bervariasi secara signifikan antara spesies yang berbeda?

Jawaban: 
Sistem indera hewan teradaptasi untuk memenuhi kebutuhan dan kondisi lingkungan spesies tersebut, yang dapat sangat bervariasi antara spesies yang berbeda.


5. Bagaimana perilaku hewan dapat memengaruhi penggunaan indera mereka dalam pencarian makanan?

Jawaban: 
Perilaku hewan seperti migrasi, hunting bersama, atau menggunakan sinyal visual atau suara untuk menarik mangsa dapat mempengaruhi cara mereka menggunakan indera mereka dalam pencarian makanan.


6. Apa peran indera dalam navigasi hewan migran?

Jawaban: 
Indera memungkinkan hewan migran untuk menavigasi melalui lingkungan yang berbeda, menggunakan petunjuk visual, magnetik, atau olfaktor untuk menemukan jalan mereka.


7. Bagaimana perilaku hewan dapat memengaruhi penggunaan indera mereka dalam berkomunikasi?

Jawaban: 
Hewan menggunakan indera mereka untuk mengirim dan menerima sinyal komunikasi, dan perilaku seperti gerakan tubuh, suara, atau posisi tubuh dapat memperkuat atau mengarahkan sinyal tersebut.


8. Apa perbedaan antara indera primer dan indera sekunder pada hewan?

Jawaban: 
Indera primer adalah indera utama yang digunakan untuk mendeteksi rangsangan lingkungan, sementara indera sekunder adalah indera tambahan yang dapat digunakan untuk tujuan tertentu seperti komunikasi atau navigasi.


9. Bagaimana hewan menggunakan indera mereka untuk mengidentifikasi anggota spesies mereka?

Jawaban: 
Hewan menggunakan indera seperti penciuman, penglihatan, atau suara untuk mengenali individu dari spesies mereka berdasarkan karakteristik unik atau sinyal identifikasi.


10. Jelaskan konsep indera dengan peregangan.

Jawaban: 
Beberapa hewan memiliki indera khusus yang merespon tekanan atau gerakan, seperti sistem indera lateral line pada ikan, yang memungkinkan mereka untuk mendeteksi objek atau predator yang mendekat.


11. Bagaimana penggunaan indera pada hewan berkembang selama proses domestikasi?

Jawaban: 
Proses domestikasi dapat mengubah atau mengurangi sensitivitas indera pada hewan, tergantung pada seleksi alam atau seleksi buatan yang terjadi selama proses tersebut.


12. Mengapa sistem indera hewan sering kali merupakan target dalam penelitian ilmiah?

Jawaban: 
Sistem indera hewan memainkan peran penting dalam perilaku, adaptasi, dan interaksi dengan lingkungan mereka, sehingga menjadi subjek penelitian ilmiah untuk memahami lebih dalam tentang berbagai aspek kehidupan hewan.


13. Apa yang dimaksud dengan indera elektris pada beberapa spesies ikan?

Jawaban: 
Indera elektris adalah kemampuan beberapa spesies ikan untuk mendeteksi medan listrik yang dihasilkan oleh objek atau hewan di sekitar mereka, yang membantu dalam navigasi dan deteksi mangsa.