Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

19 Soal Bab Protista & Jawaban

Soal (Uraian) Protista

1. Apa yang dimaksud dengan Trypanosoma dan sebutkan contohnya?

Jawaban: 
Trypanosoma adalah genus protozoa parasit yang menyebabkan penyakit tidur dan penyakit Chagas pada manusia. Contoh-contoh spesiesnya termasuk Trypanosoma brucei (penyebab penyakit tidur) dan Trypanosoma cruzi (penyebab penyakit Chagas).


2. Bagaimana Trypanosoma brucei menular dan menyebabkan penyakit tidur?

Jawaban: 
Trypanosoma brucei ditularkan melalui gigitan lalat tsetse yang terinfeksi. Setelah masuk ke dalam tubuh manusia, parasit ini menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah, menyebabkan gejala penyakit tidur seperti demam, kelelahan, dan gangguan saraf.


3. Apa yang dimaksud dengan Entamoeba histolytica dan penyakit yang disebabkannya?

Jawaban: 
Entamoeba histolytica adalah protozoa parasit yang menyebabkan amoebiasis, suatu penyakit yang mempengaruhi usus manusia dan dapat menyebabkan diare berdarah dan abses hati.


4. Bagaimana Entamoeba histolytica menular dan menginfeksi manusia?

Jawaban: 
Entamoeba histolytica biasanya menular melalui air atau makanan yang terkontaminasi oleh tinja yang mengandung kista parasit. Kista ini kemudian menetas di usus manusia dan menyebabkan infeksi.


5. Apa yang dimaksud dengan alveolata dan sebutkan dua kelompok utama di dalamnya.

Jawaban: 
Alveolata adalah supergrup dalam protista yang memiliki struktur sel berbentuk alveoli. Dua kelompok utama di dalamnya adalah ciliata dan dinoflagellata.


6. Apa yang dimaksud dengan ciliata dan sebutkan contohnya.

Jawaban: 
Ciliata adalah kelompok protozoa yang memiliki rambut getar (cilium) untuk bergerak dan mendapatkan makanan. Contoh-contohnya termasuk Paramecium dan Stentor.


7. Bagaimana ciliata memperoleh makanan?

Jawaban: 
Ciliata menggunakan ciliumnya untuk menciptakan arus air yang mengarahkan partikel makanan ke dalam mulutnya, di mana partikel tersebut kemudian dipecah dan dicerna.


8. Apa yang dimaksud dengan dinoflagellata dan sebutkan karakteristiknya.

Jawaban: 
Dinoflagellata adalah kelompok protista yang memiliki flagela untuk bergerak. Mereka seringkali memiliki dinding sel yang dilapisi dengan selulosa dan dua flagela yang berputar mengelilingi sel.


9. Apa yang dimaksud dengan alveolus dalam konteks dinoflagellata?

Jawaban: 
Alveolus adalah struktur berbentuk kantong yang membentuk dinding sel dinoflagellata dan memberikan dukungan struktural.


10. Sebutkan peran dinoflagellata dalam ekosistem laut.

Jawaban: 
Dinoflagellata berperan sebagai produsen dalam rantai makanan laut, serta sebagai simbiosis mutualis atau parasit dalam berbagai hubungan dengan organisme laut lainnya.


11. Apa yang dimaksud dengan mixotroph dan berikan contoh.

Jawaban: 
Mixotroph adalah organisme yang dapat melakukan fotosintesis untuk memperoleh energi, tetapi juga dapat mengambil nutrisi organik dari lingkungannya. Contoh-contohnya termasuk beberapa jenis dinoflagellata.


12. Bagaimana dinoflagellata berperan dalam peristiwa "red tide"?

Jawaban: 
Beberapa spesies dinoflagellata dapat berkembang biak secara massal dan membentuk populasi yang besar, menyebabkan fenomena "red tide" atau "algal bloom" yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan kematian massal ikan.


13. Apa yang dimaksud dengan euglenozoa dan sebutkan contohnya.

Jawaban: 
Euglenozoa adalah kelompok protozoa yang memiliki flagela dan beberapa spesies yang fotosintetik. Contoh-contohnya termasuk Euglena dan Trypanosoma.


14. Bagaimana Euglena bergerak?

Jawaban: 
Euglena menggunakan flagela untuk bergerak, tetapi juga dapat menggunakan gerakan gelombang tubuhnya untuk berenang.


15. Apa yang membedakan Euglena dari protozoa lainnya?

Jawaban: 
Salah satu ciri khas Euglena adalah keberadaan stigma atau bintik mata yang digunakan untuk mendeteksi cahaya dan bergerak menuju sumber cahaya.


16. Bagaimana Trypanosoma menyebabkan penyakit pada manusia?

Jawaban: 
Trypanosoma menyebabkan penyakit seperti penyakit tidur (disebabkan oleh T. brucei) dan penyakit Chagas (disebabkan oleh T. cruzi) melalui infeksi pada darah dan jaringan tubuh manusia.


17. Apa yang dimaksud dengan kinetoplast dalam Trypanosoma?

Jawaban: 
Kinetoplast adalah struktur unik yang ditemukan dalam sel Trypanosoma yang mengandung DNA mitokondria yang mengkodekan RNA ribosom


18. Apa yang dimaksud dengan Foraminifera dan sebutkan karakteristiknya.

Jawaban: 
Foraminifera adalah kelompok protista yang umumnya hidup di lingkungan laut. Mereka memiliki kerang kapur yang rumit yang disebut test, yang sering kali berlubang-lubang untuk memungkinkan pseudopodia keluar.


19. Bagaimana Foraminifera berperan dalam pembentukan lapisan batuan?

Jawaban: 
Foraminifera seringkali memiliki kerang kapur yang dapat mengendap di dasar laut setelah mereka mati. Akumulasi kerang kapur ini dapat membentuk lapisan batuan kalsium karbonat yang disebut kapur.