Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Bab Merancang Karya Ilmiah & Jawaban

Soal (Uraian) Merancang Karya Ilmiah


1. Apa yang harus dilakukan jika menemui hasil penelitian yang tidak konsisten atau ambigu?

Jawaban: 
Jika menemui hasil yang tidak konsisten atau ambigu, penting untuk melakukan analisis ulang, mempertimbangkan faktor-faktor yang mungkin memengaruhi, dan mengonfirmasi temuan dengan metode tambahan jika diperlukan.


2. Bagaimana cara menulis daftar pustaka yang benar dalam laporan penelitian?

Jawaban: 
Daftar pustaka harus disusun secara alfabetis berdasarkan nama penulis atau judul sumber, dengan format yang sesuai standar yang digunakan (misalnya, APA, MLA, atau Chicago).


3. Mengapa penting mempertimbangkan generalisasi hasil penelitian?

Jawaban: 
Generalisasi hasil penelitian penting untuk memahami sejauh mana hasil penelitian dapat diterapkan pada populasi atau situasi lain di luar konteks penelitian.


4. Apa yang harus dilakukan jika menemui batasan dalam merancang karya ilmiah, seperti keterbatasan waktu atau sumber daya?

Jawaban: 
Jika menemui batasan, penting untuk membuat keputusan yang bijaksana, melakukan prioritasi, dan mengkomunikasikan batasan tersebut secara jujur dalam laporan penelitian.


5. Bagaimana cara menentukan skala pengukuran yang tepat dalam penelitian?

Jawaban: 
Skala pengukuran harus dipilih berdasarkan jenis data yang dikumpulkan, serta tingkat keakuratan dan sensitivitas yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan penelitian.


6. Apa yang harus dilakukan jika menemui masalah dengan partisipan penelitian, seperti kurangnya partisipasi atau ketidaksetujuan?

Jawaban: 
Jika menemui masalah, penting untuk memperbaiki komunikasi, memperjelas tujuan penelitian, dan mempertimbangkan strategi rekrutmen yang lebih efektif.


7. Bagaimana cara mengevaluasi keberhasilan karya ilmiah?

Jawaban: 
Keberhasilan karya ilmiah dapat dievaluasi berdasarkan pemenuhan tujuan penelitian, kontribusi terhadap pengetahuan yang ada, serta dampaknya terhadap praktik atau kebijakan.


8. Apa yang harus dilakukan jika menemui perbedaan antara temuan penelitian dan ekspektasi awal?

Jawaban: 
Jika menemui perbedaan, penting untuk menginvestigasi penyebabnya, mengonfirmasi temuan dengan analisis yang lebih mendalam, dan menyesuaikan interpretasi atau rekomendasi jika diperlukan.


9. Bagaimana cara menentukan ukuran sampel yang tepat dalam penelitian?

Jawaban: 
Penentuan ukuran sampel harus didasarkan pada analisis kekuatan statistik, tingkat kepercayaan, dan tingkat kesalahan yang dapat diterima dalam penelitian.


10. Apa yang harus dilakukan jika menemui konflik kepentingan dalam penelitian?

Jawaban: 
Jika menemui konflik kepentingan, penting untuk mengungkapkan konflik tersebut secara jujur, mempertimbangkan potensi dampaknya, dan mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan bias.


11. Bagaimana cara mengidentifikasi gap dalam literatur terkait dengan topik penelitian?

Jawaban: 
Identifikasi gap dilakukan dengan membandingkan literatur yang ada dengan pertanyaan penelitian atau tujuan penelitian, serta mencari area yang belum tercakup atau perlu dikaji lebih lanjut.


12. Apa perbedaan antara pendekatan deduktif dan induktif dalam penelitian?

Jawaban: 
Pendekatan deduktif dimulai dengan merumuskan hipotesis berdasarkan teori atau pengetahuan sebelumnya, sedangkan pendekatan induktif dimulai dengan mengumpulkan data kemudian menarik kesimpulan atau pola umum.