Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Soal Bab Akuntansi Keuangan Syariah & Jawaban

Soal (Essay) Akuntansi Keuangan Syariah


1. Apa yang dimaksud dengan akuntansi takaful dalam akuntansi keuangan syariah?

Jawaban:
Akuntansi takaful adalah pencatatan dan pelaporan terkait dengan konsep asuransi syariah, di mana peserta saling membantu dalam menghadapi risiko dengan membayar kontribusi tertentu.


2. Jelaskan prinsip syariah tentang larangan makan riba dalam akuntansi keuangan syariah.

Jawaban:
Prinsip syariah tentang larangan makan riba menyatakan bahwa pihak yang terlibat dalam transaksi keuangan harus menghindari menerima atau memberikan bunga sebagai tambahan dalam transaksi tersebut.


3. Apa yang dimaksud dengan akuntansi jual beli dalam akuntansi keuangan syariah?

Jawaban:
Akuntansi jual beli adalah pencatatan dan pelaporan terkait dengan transaksi jual beli barang atau jasa yang sesuai dengan prinsip syariah.


4. Jelaskan konsep akuntansi bai' al dayn dalam akuntansi keuangan syariah.

Jawaban:
Bai' al dayn adalah konsep penjualan atau pembelian surat utang atau piutang dengan harga diskon tertentu sebelum jatuh tempo.


5. Apa yang dimaksud dengan akuntansi qiradh dalam akuntansi keuangan syariah?

Jawaban:
Akuntansi qiradh adalah pencatatan dan pelaporan terkait dengan kerjasama dalam bentuk kontrak bagi hasil dalam usaha atau proyek tertentu.


6. Jelaskan prinsip kesepakatan dalam akuntansi keuangan syariah.

Jawaban:
Prinsip kesepakatan dalam akuntansi keuangan syariah menekankan pentingnya adanya kesepakatan yang jelas dan saling setuju antara pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi keuangan.


7. Apa yang dimaksud dengan akuntansi profit and loss sharing dalam akuntansi keuangan syariah?

Jawaban 37:
Akuntansi profit and loss sharing adalah pencatatan dan pelaporan terkait dengan pembagian keuntungan dan kerugian dalam suatu transaksi atau usaha sesuai dengan kesepakatan bagi hasil.


8. Jelaskan konsep akuntansi ijarah thumma al bai dalam akuntansi keuangan syariah.

Jawaban:
Ijarah thumma al bai adalah konsep penyewaan dengan opsi pembelian aset setelah periode sewa berakhir, dengan harga yang sudah disepakati sebelumnya.


9. Apa yang dimaksud dengan akuntansi riba al buyu dalam akuntansi keuangan syariah?

Jawaban:
Riba al buyu adalah konsep tambahan dalam transaksi jual beli, di mana penjual memberikan tambahan waktu atau kesempatan tambahan kepada pembeli sebagai imbalan atas pembayaran lebih awal.


10. Jelaskan prinsip transparansi dalam akuntansi keuangan syariah.

Jawaban:
Prinsip transparansi dalam akuntansi keuangan syariah menuntut pelaporan yang jelas dan terbuka mengenai semua transaksi dan kegiatan bisnis tanpa ada manipulasi informasi.


11. Apa yang dimaksud dengan akuntansi akad wakalah dalam akuntansi keuangan syariah?

Jawaban:
Akuntansi akad wakalah adalah pencatatan dan pelaporan terkait dengan kesepakatan antara pihak wakil dan pihak yang mewakilkan dalam mengelola dana atau aset sesuai prinsip syariah.


12. Jelaskan konsep akuntansi hibah dalam akuntansi keuangan syariah.

Jawaban:
Hibah adalah pemberian harta secara sukarela tanpa mengharapkan balasan, dan dalam akuntansi keuangan syariah, pencatatan dan pelaporan terkait dengan hibah tersebut dilakukan sesuai prinsip syariah.