Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

14 Soal Bab Akuntansi Keuangan Menengah & Jawaban

Soal (Uraian) Akuntansi Keuangan Menengah


1. Jelaskan perbedaan antara aktiva lancar dan aktiva tetap.

Jawaban: 
Aktiva lancar adalah aset yang diharapkan akan diubah menjadi uang tunai atau dikonsumsi dalam satu tahun, sementara aktiva tetap adalah aset yang dimiliki untuk digunakan dalam operasi perusahaan dan tidak dijual dalam jangka pendek.


2. Apa yang dimaksud dengan laporan arus kas?

Jawaban: 
Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang menyajikan arus masuk dan keluar uang tunai perusahaan selama periode waktu tertentu, dibagi menjadi aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan.


3. Bagaimana pengaruh depresiasi terhadap laporan keuangan perusahaan?

Jawaban: 
Depresiasi mengurangi nilai aset tetap dalam laporan keuangan, yang pada gilirannya mengurangi laba bersih perusahaan.


4. Jelaskan perbedaan antara akuntansi penerimaan tunai dan akuntansi pencatatan pendapatan.

Jawaban: 
Akuntansi penerimaan tunai mencatat pendapatan saat uang diterima, sedangkan akuntansi pencatatan pendapatan mencatat pendapatan saat pendapatan diperoleh, terlepas dari kapan uang diterima.


5. Apa yang dimaksud dengan biaya langsung?

Jawaban: 
Biaya langsung adalah biaya yang secara langsung dapat dikaitkan dengan produksi barang atau penyediaan layanan tertentu.


6. Jelaskan perbedaan antara akuntansi keuangan sektor publik dan sektor swasta.

Jawaban: 
Akuntansi keuangan sektor publik mencatat dan melaporkan transaksi pemerintah dan lembaga publik, sementara akuntansi keuangan sektor swasta mencatat dan melaporkan transaksi perusahaan swasta.


7. Apa yang dimaksud dengan siklus akuntansi berjangka panjang?

Jawaban: 
Siklus akuntansi berjangka panjang adalah siklus yang melibatkan langkah-langkah akuntansi dari periode ke periode, termasuk penyesuaian, penutupan, dan pembukaan kembali buku.


8. Bagaimana pengaruh persediaan terhadap laporan keuangan perusahaan?

Jawaban: 
Persediaan mempengaruhi laporan keuangan perusahaan dengan cara menambah biaya penjualan dan mengurangi laba kotor jika diukur dengan metode FIFO, sedangkan metode LIFO dapat menghasilkan hasil yang berbeda.


9. Jelaskan perbedaan antara laporan keuangan interim dan laporan keuangan tahunan.

Jawaban: 
Laporan keuangan interim disajikan selama periode waktu yang lebih pendek, biasanya satu kuartal, sedangkan laporan keuangan tahunan mencakup seluruh tahun fiskal perusahaan.


10. Apa yang dimaksud dengan pernyataan aliran kas tidak langsung?

Jawaban: 
Pernyataan arus kas tidak langsung adalah metode untuk menyusun laporan arus kas dengan menghitung kas bersih dari operasi menggunakan pendekatan yang tidak langsung.


11. Jelaskan konsep akuntansi accrual.

Jawaban: 
Akuntansi accrual mencatat transaksi saat transaksi terjadi, terlepas dari kapan uang berpindah tangan.


12. Apa yang dimaksud dengan rasio keuangan?

Jawaban: 
Rasio keuangan adalah angka yang dihasilkan dari perhitungan rasio menggunakan data keuangan dari laporan keuangan, yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja dan kesehatan keuangan perusahaan.


13. Bagaimana peran neraca dalam akuntansi keuangan?

Jawaban: 
Neraca menyajikan posisi keuangan perusahaan pada suatu titik waktu tertentu dengan membandingkan aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik.


14. Jelaskan perbedaan antara penjualan kas dan penjualan kredit dalam akuntansi.

Jawaban: 
Penjualan kas terjadi ketika pembayaran diterima secara langsung saat barang atau layanan disediakan, sedangkan penjualan kredit terjadi ketika pembayaran ditangguhkan hingga waktu yang ditentukan di masa depan.